-->

8 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Belang

Kulit yang sehat, bersih dan cerah memang jadi aset tersendiri yang bisa menunjang rasa percaya diri. Tapi, bagaimana kalau kulit cerah kita tampil berselingan dengan kulit yang gelap alias belang? Hmm, siapa yang suka dengan tampilan kulit belang laksana zebra?

Kalau zebra sih lucu, tapi kalau nempel di tubuh kita khan bisa membuat rasa percaya diri jadi berkurang bukan? Dengan kulit yang belang, apalagi di bagian wajah, maka kita pun akan terlihat lebih kusam, lelah, dan juga bisa terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Pasti tak mau khan kalau seperti itu?

Untuk itu, kamu memang perlu cara jitu untuk mengatasinya. Eits, kamu tak perlu kog merogoh kocek dalam – dalam atau ngantri di klinik kecantikan, kalau kamu memang lagi sibuk atau lagi kepingin hemat. Ada juga aneka bahan alami untuk mengatasi kulit belang yang jitu loh.

Mau tau apa saja bahan alami yang bisa membasmi kulit belang di wajah dan tubuh? Ini nih 8 bahan alami untuk mengatasi kulit belang, yang merupakan tips favorit dari Majalah Nyata.

8 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Belang

1. Air Perasan Lemon

Salah satu penyebab kulit belang adalah adanya minyak berlebih pada kulit. Kulit berminyak memang lebih rawan terhadap berbagai gangguan kulit seperi jerawat dan komedo yang akhirnya juga bisa mengakibatkan kulit belang.

Terlebih, kulit dengan tipe berminyak umumnya akan memiliki tingkat regenerasi yang lebih lambat sehingga terjadi penumpukan sel – sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam, dan sekali lagi, belang.

Nah, untuk mentasinya, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon yang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, air jeruk lemon ini juga bisa membantu menpercepat regenerasi kulit, sekaligus mencerahkan kulit, sehingga warna kulit bisa lebih merata.

Cara menggunakannya cukup mudah. Oleskan air perasan jeruk lemon sambil melakukan pijatan dengan gerakan memutar pada wajah. Oleskan secara merata, tapi hindari bagian sekitar mata. Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih.

Setelah itu, gunakan pelembab atau sunblock untuk menghindari kulit jadi kering. Ini karena jeruk lemon juga bisa memberikan efek kering bila digunakan berlebihan. Apalagi, kalau kulit kamu sensitif, kamu harus berhati – hati saat mengoleskannya karena bisa menimbulkan efek perih.


2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun punya efek yang menyegarkan pada kulit yang meradang dan iritasi. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan, dapat melembabkan kulit dan sekaligus bisa meratakan warna kulit yang belang – belang.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun, caranya cukup oleskan minyak zaitun pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Baking Soda

Baking soda bisa kamu manfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Sel kulit mati yang menumpuk inilah yang membuat warna kulit jadi tidak merata.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, siapkan satu sendok teh baking soda lalu tambahkan satu sendok teh air. Oleskan pada aera kulit yang warnanya tidak merata sambil dipijat ringan dengan gerakan memutar.

Biarkan mengering selama satu menit, kemudian bersihkan dengan air hanya. Selanjutnya, jangan lupa olesi dengan pelembab. Hasil maksimal bisa kamu peroleh dengan perawatan rutin.

4. Yogurt

Yogurt juga bisa menjadi bahan alami yang baik untuk meratakan warna kulit, terutama untuk menghilangkan warna kulit yang kemerahan. Di dalam yogurt, terdapat kandugnan asam laktat yang berperan dalam mengangkat sel – sel kulit mati, memudarkan flek hitam serta mencerahkan warna kulit.

Selain itu, yogurt juga berperan dalam melancarkan sirkulasi darah. Untuk menggunakannya, cukup oleskan yogurt secara merata pada kulit, diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Setelah itu, oleskan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.


5. Lemon + Madu

Paduan lemon dan madu bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang lembab, cerah, bersih dari noda hitam dan juga mengurangi tanda – tanda penuaan. Kombinasi kedua bahan ini memang terkenal efektif untuk mendapat kecantikan alami.

Untuk mendapatkan manfaatnya, buatlah toner dari dua sendok teh air perasan jeruk lemon, dua sendok teh madu dan air secukupnya. Campur bahan – bahan ini ke dalam botol bersih lalu kocok sampai merata.

Cara menggunakannya cukup mudah, layaknya menggunakan toner pada umumnya. Yakni, tuangkan pada kapas, dan oleskan merata pada wajah yang telah dibersihkan. Cara lain, adonan ini juga bisa dibuat lebih kental untuk digunakan sebagai masker pada wajah.

6. Madu

Madu memang punya sejuta manfaat, termasuk untuk merawat kecantikan kulit. Madu bisa membantu melembabkan kulit kering yang biasanya menjadi menyebab warna kulit tidak merata.

Caranya, tinggal oleskan madu murni pada kulit secara merata sambil disertai pemijatan ringan. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas dengan air hangay sampai bersih. Kemudian, jangan lupa aplikasikan pelembab wajah.

7. Oatmeal

Manfaat positif oatmeal bagi wajah adalah untuk menghilangkan bercak – bercak kemerahan atau inflamasi akibat sinar matahari atau kutit kering atau alergi. Oatmeal kaya akan antioksidan berupa avenatharamides yang bisa membantu kamu mendapatkan kulit sehat tanpa belang.

Caranya, giling oatmeal secukupnya sampai strukturnya lebih halus. Tambahkan air sedikit lalu aduk perlahan hingga menjadi pasta kental. Pasta oatmeal ini bisa digunakan sebagai scrub pada wajah. Oleskan pasta pada wajah, lalu diamkan 10 menit, baru kemudian gosok perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Selanjutnya, bilas dengan air bersih, dan terakhir, beri pelembab wajah.

8. Oatmeal + Jeruk + Madu

Ini dia tiga kombinasi hebat untuk mengatasi kulit belang. Dengan kombinasi oatmeal, jeruk dan madu, sel – sel kulit mati akan lebih mudah terangkat dan regenerasi kulit juga lebih cepat. Hasilnya, kulit kamu akan lebih bersih, sehat, dan cerah merata.


Untuk menggunakannya, campur dua sendok makan oatmeal, dua sendok teh air perasan lemon, dan satu sendok teh madu sampai menjadi seperti pasta. Oleskan pasta ini pada wajah, diamkan lima menit, lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar. Kemudian, bilas dengan air bersih dan oleskan pelembab.

Share

LATEST ARTICLES